Selasa, September 23, 2008

Dunkin’ Donuts Buka Gerai di Duta Mall Banjarmasin

Satu lagi makanan jenis fast food alias cepat saji yang membuka gerainya di Banua – istilah orang Banjar untuk kampung halamannya - yakni Dunkin’ Donuts. Fast food berjenis kue donat berasal dari Amrik ini membuka gerainya di Duta Mall yang berlokasi di Km 2,5 Banjarmasin, satu-satunya mall yang ada di kota seribu sungai ini.

Dengan mengambil momen bulan Ramadhan sepertinya Dunkin’ Donuts berharap meraih pasar dari orang yang berbuka puasa di luar rumah, yang biasanya menjadi tradisi sebagian warga Banjarmasin yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya, baik shalat tarawih maupun langsung berbelanja.

Dunkin’ Donuts sebetulnya sudah dikenal lama oleh warga Banjarmasin dan sekitarnya, terutama orang-orang yang pernah atau sering bepergian ke Jakarta maupun Surabaya. Ini terlihat apabila pesawat terbang rute Jakarta atau Surabaya – Banjarmasin tiba di bandara Syamsuddin Noor, seringkali terlihat sebagian penumpangnya ada yang membawa Dunkin’ Donuts sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dunkin’ Donuts ini pada umumnya dibeli langsung di bandara Soekarno Hatta atau Bandara Juanda apabila mereka tidak sempat berkeliling kota untuk mencarinya.

Terlepas dari enak atau tidaknya kue ini – tergantung seleranya, sih – paling tidak Dunkin’ Donuts telah ikut meramaikan persaingan bisnis fast food di Banjarmasin yang sudah terlebih dulu eksis, seperti Kentucky Fried Chicken, Texas F.C., California F.C., Pizza Hut, dan A & W Restaurant.

Makanan yang berasal dari Amerika ini tentunya sudah mempunyai saingannya di sini, yakni donat dan roti produksi lokal. Apakah bisnis kue donat dan roti lokal mampu menghadapi perang produk dengan Dunkin’ Donuts, tentunya diserahkan kepada konsumen penikmatnya untuk memilih. Seringkali rasa yang kurang lebih sama akan menjadi pertimbangan selain harga yang lebih murah, tapi kadangkala gengsi bisa mengalahkan segalanya, lho.

Tidak ada komentar: