Kamis, September 11, 2008

Meriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan


Dalam rangka memeriahkan peringatan Harijadi ke 58 Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2008 dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-63, Pemerintah provinsi menggelar sejumlah kegiatan.

"Kita upayakan kegiatan yang digelar tersebut benar-benar memberi manfaat kepada masyarakat, disamping itu juga bersifat mendidik dan menghibur," kata Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin, terkait dengan rencana sejumlah kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka peringatan hari bersejarah bagi masyarakat di Kalsel.
Rangkaian kegiatan tersebut, kata Rudy yang didampingi Wakil Gubernur, HM Rosehan Noor Bahri itu, sebagian kegiatan sudah ada yang berlangsung, sedang berlangsung dan akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Gubernur juga menyebutkan, kegiatan yang digelar tersebut meliputi pembinaan kepribadian dan peningkatan sumber daya manusia, seperti training rahasia hidup sukses, lomba pemilihan dai cilik (pildacil) dan remaja.

Selain itu, peningkatan keterampilan melalui lomba seperti lomba menyiapkan kudapan dari bahan ikan, lomba wadai Banjar, lomba busana muslim sasirangan. Peningkatan kesehatan jasmani (olahraga), seperti lomba gerak jalan 8, 17 dan 45 Km, kejuaraan tenis meja, turnamen tennis lapangan, bola voli, jalan sehat, futsal, lomba dayung perahu naga, lomba minicros dan lomba golf.

Selanjutnya, pelestarian dan pengembangan budaya Banjar termasuk lagi Banjar dan musik panting serta tari daerah, makanan khas, pakaian sasirangan, kesenian seperti mamanda, wayang gong, madihin, kuda gipang, sastra dan syair, kerajinan.

Kemudian, lomba maulah tanggui, lomba maanyam tikar purun, lomba marangkai payung kembang, festival nasyid (lagu-lagu islami), musik keroncong, teater japin dan moderen serta naik pinang, pemilihan nanang dan galuh Banjar.

Pameran pembangunan yang menampilkan hasil-hasil pembangunan, termasuk produk komoditi unggulan daerah kabupaten/kota se-Kalsel serta berbagai informasi pembangunannya lainnya yang selama ini telah dilakukan.

Kegiatan lainnya, sosial kemasyarakatan seperti anjangsana ke panti sosial, rumah perintis kemerdekaan dan janda pejuang kemerdekaan yang masih hidup.

Rudy menjelaskan, sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan hari bersejarah itu, tidak hanya terpusat di Banjarmasin, tetapi juga di kabupaten/kota lainnya, agar mereka bisa ikutserta dan merasakan hari bersejarah tersebut.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, seluruh lapisan masyarakat di Kalsel secara swadaya dan bergotong royong menggelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, hal itu merupakan cerminan kecintaan terhadap negeri ini. [matabanua]

Tidak ada komentar: